Mau Ibadah Puasa Lancar? Ini Rahasianya!

      Comments Off on Mau Ibadah Puasa Lancar? Ini Rahasianya!

Bagi mereka yang beragama Islam, bulan Ramadan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu. Bagaimana tidak? Di bulan ini setiap amal ibadah yang dilakukan dijanjikan akan mendapat ganjaran pahala yang berkali lipat.

Karenanya serangkaian ibadah seperti berpuasa, membaca (tadarus) Al-Qur’an, dan sholat Tarawih menjadi kegiatan ‘rutin’ di bulan penuh berkah ini. Dan agar semua kegiatan ibadah di bulan Puasa ini berjalan lancar, ada beberapa persiapan yang bisa dilakukan di rumah.

1. Renovasi Kecil dan Bersih-bersih Rumah

Umumnya, menjelang hari raya Idul Fitri, sebagian orang sibuk mempersiapkan rumahnya agar nampak bersih dan rapi. Mulai dari renovasi pagar, mengecat dinding, sampai dengan merapikan pekarangan. Akibatnya, sepuluh malam terakhir di bulan Ramadan yang seharusnya dijalani dengan khusyuk beribadah malah menjadi hari-hari yang melelahkan.

Solusinya, Anda bisa melakukan kegiatan ini menjelang atau di awal bulan Ramadhan. Lakukan dengan cara ‘dicicil’ seperti mengecat ulang dinding rumah lebih dulu agar nampak bersih, mengganti tirai, membersihkan perabotan dan lain sebagainya. Dengan demikian Anda bisa lebih siap dan fokus beribadah di pengujung Ramadan.

2. Mempersiapkan Menu dan Sajian di Bulan Ramadhan

Ibadah puasa di tengah aktivitas harian tentunya membuat Anda harus lebih memperhatikan asupan gizi yang dikonsumsi. Ingat, tubuh Anda tetap butuh kalori yang cukup meskipun ada perubahan pola makan dari 3 kali sehari menjadi 2 kali. Untuk itu, siapkan beberapa menu praktis dengan gizi seimbang untuk jadwal santapan sahur dan berbuka puasa.
Bahan-bahan yang tahan lama boleh dipersiapkan mulai dari jauh hari, misalnya kurma, madu, dan kacang arab. Sementara itu, jika ingin membuat kue lebaran sendiri, buat jadwal mengatur waktu memanggang kue agar tak menyita waktu beribadah.

3. Membuat Dekorasi Khas Ramadan

Menghias rumah dengan dekorasi khas Ramadan juga bisa membuat Anda lebih bersemangat menyambut bulan penuh ampunan ini. Dan saat menghias rumah jangan lupa mengajak si kecil untuk membuat kerajinan tangan guna melatih kepekaan dan kreatifitasnya.

Ada banyak ide dekorasi sederhana yang bisa menjadi pajangan dinding. Misalnya membuat anyaman

www.668poker.com