Dekatkan Pasar Potensial, KTM Bangun Pabrik di Filipina

KTM memperluas penetrasinya di Asia, terutama di Asia Tenggara, dengan membuka pabrik baru di Filipina. Dikatakan pabrik baru ini adalah untuk menyentuh pasar dan pengendara baru “di penjuru dunia lainnya”.

Hubert Trunkenpolz, president of KTM Asia Motorcycle Manufacturing, mengatakan bahwa pembukaan pabrik baru ini adalah contoh baik bagaimana KTM mengelola merek mereka.

“Kami sangat ingin melihat bagaimana fasilitas baru ini akan berkembang,” ujar Trunkenpolz, dikutip dari Visordown, Senin (19/6/2017).

Pabrik baru ini bakal memproduksi empat model Street, 200 Duke, 390 Duke, RC 200, dan RC 390. Pertama-tama pabrik bakal mulai memproduksi 6.000 unit motor untuk pasar Asia, baru kemudian meningkatkan kapasitasnya jadi 10 ribu unit per tahun.

Sebelumnya diberitakan PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) selaku agen pemegang merek KTM di Tanah Air juga mengatakan kalau mereka ingin membuat pabrik. Namun hal tersebut terkendala soal perizinan.

“Ada beberapa lah ya dari pemerintah. Dari prinsipal sebenarnya sudah (diizinkan), tapi dari sisi perizinan pemerintah yang belum selesai,” ujar Presiden Direktur PT PJLM, Kristianto Gunadi, di ajang Jakarta Fair, Kamis (9/6) pekan lalu.

Kristianto menyatakan, untuk lokasi, peralatan dan perlengkapan pengerjaan di pabrik pada dasarnya telah siap. Namun tidak disebutkan kapan persisnya ini direalisasikan.

Atau mungkin tidak bakal terealisasi setelah pembukaan pabrik di Filipina ini?