Jokowi Akan Bertemu Donald Trump dalam Forum G20 di Jerman

PrediksiJagoan-Jokowi Akan Bertemu Donald Trump dalam Forum G20 di Jerman-Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Pertemuan tersebut akan berlangsung di sela-sela pertemuan G20 (G20 Summit) di Hamburg, Jerman pada 7-8 Juli 2017.

“Nah di sela-sela pertemuan G20 Presiden akan melakukan beberapa pertemuan bilateral, termasuk dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump,” ujar dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/7/2017).

Menurut Retno, ada banyak hal yang akan dibahas antara kedua kepala negara tersebut. Dia menyebutkan, meski sebelumnya pernah bertemu dengan Trump, pada ajang G20 ini merupakan kali pertama Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Trump.

“Pertemuan pertama dalam konteks bilateral baru sekarang terjadi. Walaupun dalam KTT di Riyadh, Presiden sudah bertemu dengan Trump. Tetapi baru kali ini duduk secara bilateral tentunya akan dibahas pertemuan bilateral secara lebih luas,” kata dia.

Selain dengan Trump, lanjut dia, Jokowi juga akan menggelar pertemuan bilateral dengan sejumlah kepala negara lain. Setidaknya telah ada enam pertemuan bilateral yang akan dilakukan Jokowi di sela-sela ajang G20 tersebut.

“Jadi banyak sekali pertemuan yang minta kita untuk melakukan pertemuan bilateral. Kita semua diminta untuk mengatur jadwalnya, tetapi sejauh ini yang sudah confirm ada enam. Dengan Belanda, Norwegia, kemudian dengan Vietnam, Spanyol. Dan kita juga masih menggarap dengan Korea Selatan,” tandas dia.